banner ads
banner ads
Renungan Harian "The Light" Random Post
Masih Proses, Mohon Sabar Ya :GBU
Sponsored By :The Light Team

Jumat, 13 Januari 2012

BELAJAR DARI DOMBA

Jumat, 13 Januari 2012
Yoh 10:1-29

“Domba-dombaku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,”
( Yoh 10:27 )

TUHAN sering dilukiskan sebagai Gembala Agung yang selalu menyatakan pemeliharaanNya yang penuh kasih dan rahmat pada domba-dombaNya, yaitu umatNya. Namun sayangnya sekarang ada banyak yang mengaku sebagai orang percaya tetapi dari kehidupannya tidak nampak berkat-berkat pemeliharaan dari TUHAN. Keadaan mereka bagaikan domba liar tanpa gembala yang tidak terurus, menyedihkan dan mudah menjadi korban dari incaran pemangsa.
Renungan hari ini mengajarkan pada kita bagaimana menjadi umat gembalaan TUHAN yang baik, agar berkat TUHAN menjadi bagian dalam kehidupan kita.
1.  Mendengar suara TUHAN
“Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku…”
Domba-domba  hanya mengikuti suara dari gembala mereka. Mereka tidak mau mengikuti suara dari orang asing. Bagi umat TUHAN, suara TUHAN adalah firman TUHAN, yang diterima dalam Alkitab, khotbah-khotbah, dari hamba-hamba TUHAN, ataupun dinyatakan langsung dari TUHAN. Orang percaya pasti mau dan mendengar firman TUHAN.
2.  Akrab dengan TUHAN 
“…dan Aku mengenal mereka…”
Gembala sangat mengenal domba-dombanya, demikian pula sebaliknya. Ini menandakan adanya suatu hubungan yang terbentuk antara gembala dengan domba-dombanya. Kebersamaan yang terjalin erat dengan seseorang membuat kita lebih mengenalnya dan ia juga sebaliknya akan lebih mengenal kita. Demikian pula dengan orang percaya mutlak perlu membangun keakraban dengan TUHAN.
3.     Taat mengikut TUHAN
“…dan mereka mengikut Aku,”
Ke manapun dan di manapun gembala berada, domba-domba selalu mengikutinya. Umat TUHAN juga harus mengikuti TUHAN dengan taat setiap saat. Orang percaya harus mengambil tindakkan sesuai dengan perintah-perintah TUHAN. Ini menunjukkan bahwa teladan yang diajarkan dan dilakukan oleh Tuhan Yesus harus diterapkan atau diikuti dalam kehidupan kita sehari-hari.
                Saudara yang terkasih, marilah kita menjadi umat TUHAN yang baik dengan selalu mendengar suaraNya, akrab denganNya dan taat mengikuti setiap kehendakNya, sehingga berkat-Nya akan selalu tercurah pada kita.  (dyonn)




Kekasih Tuhan !!!
Anda diberkati dengan RENUNGAN kami ?
Bagikan ke teman-teman Anda biar jadi berkat. GBU

1 komentar:

Denis Desmanto mengatakan...

Shalom bapak, ibu saudara/i di manapun berada. Apakah ada diantara bapak/ ibu/ saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael? Ini adalah kalimat pengakuan iman orang Yahudi yang biasa diucapkan pada setiap ibadah mereka baik itu di rumah ibadat atau sinagoga maupun di rumah. Yesus juga menggunakan Shema untuk menjawab pertanyaan dari seorang ahli Taurat mengenai hukum yang utama. Kita dapat baca di Ulangan 6 ayat 4 dan pernah juga dikutip oleh Yesus di dalam Injil Markus 12 : 29. Dengan mengucapkan Shema, orang Yahudi mengakui bahwa YHWH ( Adonai ) Elohim itu esa dan berdaulat dalam kehidupan mereka. Berikut teks Shema Yisrael tersebut dalam huruf Ibrani ( dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab ) beserta cara mengucapkannya ( tanpa bermaksud untuk mengabaikan atau menyangkal adanya Bapa, Roh Kudus dan Firman Elohim yaitu Yeshua haMashiakh/ ישוע המשיח, yang lebih dikenal oleh umat Kristiani di Indonesia sebagai Yesus Kristus ) berikut ini Teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 : ” שְׁמַ֖ע ( Shema ) יִשְׂרָאֵ֑ל ( Yisrael ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֱלֹהֵ֖ינוּ ( Eloheinu ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֶחָֽד ( ekhad ) ” Lalu berdasarkan halakha/ tradisi, diucapkan juga berkat: ” ברוך שם כבוד מלכותו, לעולם ועד ” ( ” barukh Shem kevod malkuto, le’olam va’ed ” ) yang artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selama-lamanya ” ). Apakah ada yang mempunyai pendapat lain?

🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🇮🇱🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪

Posting Komentar

Tutorial Blog