banner ads
banner ads
Renungan Harian "The Light" Random Post
Masih Proses, Mohon Sabar Ya :GBU
Sponsored By :The Light Team

Selasa, 10 April 2012

BERPUASA

Selasa, 10 April 2012
Yesaya 58:1-12
Matius 6:16-18

"Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.".
Matius 6:16


Berapa lama saya harus berpuasa? Apakah saya boleh minum air ketika berpuasa? Pertanyaan ini sebenarnya dipertanyakan oleh orang-orang yang belum memahami makna sesungguhnya dari puasa itu. Puasa tidak bergantung dari lamanya kita berpuasa, tapi dari sikap hati (motivasi) kita ketika berpuasa. Ada yang berpuasa hanya karena terpaksa atau karena kewajiban yang harus dijalankan. Pada intinya orang berpuasa selalu mempunyai tujuan agar mendapatkan sesuatu yang dia doakan karena merasa tidak cukup bila berdoa saja; mungkin    juga     karena     terlalu   beratnya pergumulan yang dihadapi sehingga perlu disertai puasa.
Puasa yang benar adalah ketika kita melakukannya dengan tujuan merendahkan diri di hadapan Tuhan, memohon pertolonganNya. Puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga saja tapi juga nafsu kedagingan kita.
Karena kita tidak mengerti arti berpuasa yang sebenarnya, maka tidak jarang puasa yang kita lakukan itu menjadi sia-sia. Kita menjalankan puasa agar beroleh pujian dari orang lain, supaya kelihatan kita ini rohani. Hal lain yang membuat puasa kita menjadi sia-sia adalah apabila dalam hidup kita belum ada pemberesan dengan Tuhan, yaitu kita masih menyembunyikan dosa. Inilah yang menjadi penghalan hubungan kita dengan Tuhan sehingga puasa kita “tidak sampai” kepadaNya. Ada tertulis "...yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu." (Yesaya 59:2). Dan mungkin selama berpuasa hati kita masih dipenuhi kekuatiran, sehingga kita sendiri tidak yakin akan pertolongan Tuhan. Akhirnya kita mereka-reka jalan sendiri dan mencari jalan pintas dan menghalalkan segala cara.
Saudaraku, Tanpa pertobatan dan penyerahan penuh kepada Tuhan, puasa kita tidak akan membawa hasil !





Kekasih Tuhan !!!
Anda diberkati dengan RENUNGAN kami ?
Bagikan ke teman-teman Anda biar jadi berkat. GBU

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial Blog