banner ads
banner ads
Renungan Harian "The Light" Random Post
Masih Proses, Mohon Sabar Ya :GBU
Sponsored By :The Light Team

Minggu, 15 April 2012

BERDOSA KARENA TIDAK MELAKUKAN YANG BAIK

Minggu, 15 April 2012

Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

(Yakobus 4:17)



Seorang anak SD bertanya pada gurunya: “Bu, apakah saya akan dihukum jika sesuatu yang tidak saya buat?” “Tentu tidak” jawab gurunya. “Syukurlah, karena hari ini saya tidak buat PR.” Jawabnya dengan bangga.
Sebagian orang berpikir bahwa dosa itu hanya ketika kita mencuri, membunuh, berzinah, berbohong, menyembah berhala dll. Ternyata tidak! Yakobus mengatakan bahwa, kita bisa berdosa walaupun tidak melakukan. Yaitu jika kita tahu berbuat baik  tapi tidak melakukannya. Semua orang pasti tahu bagaimana harus berbuat baik, dan jika kita tidak melakukannya, dalam pandangan Tuhan kita berdosa. Jika kita tahu bahwa beribadah itu baik tetapi kita tidak melakukannya, kita berdosa. Jika kita tahu bahwa memberi dan menolong orang itu baik tetapi kita tidak melakukannya, kita berdosa. Jika kita tahu bahwa melayani, berdoa dan baca Firman itu baik tetapi kita tidak melakukannya, dalam pandangan Tuhan kita berdosa. Masih banyak hal-hal praktis lain berkaitan dengan perbuatan baik yang bisa membuat kita berdosa. Oleh karena itu, janganlah jemu-jemu berbuat baik (Galatia 6:9; 2 Tesalonika 3:13).  Tetapi perbuatan baik kita itu akan memjadi sia-sia jika kita melakukannya dengan motifasi yang salah. Nuryanto, S.Si (Teol) berkata bahwa: “Mari kita tidak usah berbuat baik! Jika .... tujuan kita berbuat baik adalah untuk membuat semua orang nyaman dan senang dengan kita.” Kita pasti akan kecewa dan sakit hati jika tujuan kita berbuat baik tujuannya adalah seperti itu, karena perbuatan baik itu belum tentu dibalas dengan kebaikan atau dengan apa yang kita inginkan.
Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan kita diwajibkan untuk berbuat baik kepada setiap orang, tetapi tidak disertai dengan pemikiran bahwa apakah nanti kebaikan saya juga akan mendapatkan balasan yang baik? Apakah ada keuntungannya buat saya ketika saya melakukan kebaikan bagi orang lain? dan apakah orang lain tersebut mau menerima kebaikan saya? Yang Tuhan mau kita melakukan perbuatan yang baik itu dengan tulus, tanpa pamri atau dengan motifasi yang benar, karena berbuat baik itu merupakan wujud iman kita kepada Tuhan. Janganlah jemu-jemu berbuat baik, karena apa yang kita tabur itu yang akan kita tuai (Galatia 6:7). (Fren)




Kekasih Tuhan !!!
Anda diberkati dengan RENUNGAN kami ?
Bagikan ke teman-teman Anda biar jadi berkat. GBU

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial Blog